Selamat datang di unofficial Blog Yayasan dan Pondok Pesantren Al Madaniyyah Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau. Adapun tulisan-tulisan yang terdapat di Blog ini bukan mewakili pemilik yayasan, melainkan sekedar goresan dari seorang jema'ah dari Majelis Ta'lim yang diasuh oleh Yayasan ini. Terima kasih atas perhatian dan kunjungan Anda | Jadwal Majelis: 1. Pembacaan Maulid Simtud Duror (Kitab Maulid Baginda Rasulullah SAW, Karya Al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi - Hadhramaut) - Setiap Kamis Malam Jum'at Jam: 20:15 WIB s/d Selesai | 2. Pembacaan Sholawat Arba'in (Kitab Sholawat 40, Karya Al-Habib Toha Yahya - Shohibul Majelis Asma ul Husna wa Mawlidur Rasul - Kota Batam) - Setiap Ahad Ba'da Sholat Ashar Bersama Para Assatidz (Khusus Untuk Ahad Terakhir Setiap Bulannya Insya Allah Akan Dihadiri Juga Oleh Para Habaib Yang Dirangkai Dengan Tausiyah) | Jadwal Majelis Sewaktu-waktu Dapat Berubah Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Untuk Konfirmasi Tentang Jadwal Majelis, Silahkan Hubungi: Sekretariat Majelis Di Nomor Telepon: (0778) 468031 | Notification: This Blog is Recommended and Best Viewed With Internet Explorer 8 with 1024 x 768 and Above Monitor Resolution



09 Januari 2007

Selayang Pandang

Batam sebagai sebuah Kota yang berorientasi industri, yang mana rata-rata Perusahaan yang ada lebih banyak mempekerjakan tenaga wanita dan juga karyawan rekrutan yang sebagian besar berasal dari luar daerah, maka secara tidak langsung mengakibatkan populasi wanita di Kota ini lebih mendominasi daripada pria. Namun demikian tidak bisa dipungkiri, bahwa minat para pekerja-pekerja wanita tersebut untuk selalu mencari dan menambah wawasan keagamaan sangat besar. ini terbukti dengan banyaknya jumlah majelis ta'lim yang ada di perusahaan-perusahaan tempat mereka bekerja. Adapun Ponpes Al-Madaniyyah hanyalah satu bagian kecil dari beberapa tempat pengajian yang ada di Kota Batam.
Pondok Pesantren Al-Madaniyyah didirikan pada tahun 2003 atas usulan para guru dengan memanfaatkan bangunan asli yang awalnya merupakan rumah pribadi bertipe besar, untuk kemudian dijadikan tempat mengaji dan majelis dzikir juga sholawat. Walaupun wadah atau tempat belajar baru menggunakan ruang-ruang yang terbatas, akan tetapi jumlah kegiatan yang dijalankan di Pondok Pesantren ini cukup beragam dan padat. Saat ini, kegiatan yang masih berjalan adalah Madrasah Tarbiyatul Qur'an "Ar~Raudloh" (dengan metode Yanbu'a - lihat: http://www.arwaniyyah.com/ ), Pengajian Umum Awal Bulan antar Komplek, Pengajian kitab kuning ba'da sholat lima waktu, Majelis Sholawat, juga Majelis Maulid. Ciri khas lain dari Ponpes Al-Madaniyyah adalah kesenian hadlroh sebagai sisi lain keunikan dari "Pondok Pesantren" mungil ini.